Rabu, 30 Agustus 2017

Tata Cara Bermain Catur Bagi Pemula dan Menengah

Sebelumnya Assalamu'alaikum WR.WB bagi para kaum muslimin, saya dari siswa SMK NEGERI 1 BINANGUN atas:
Nama: Martyan Dwi Nugroho
Kelas: XII TKR 3
No: 31
Dan bagi pemula pemain catur anda harus tau dahulu apa saja pasukan/prajurit yang ada pada papan catur, yaitu meliputi RAJA, RATU, KUNCUNG, KUDA, BENTENG, dan PION. Semua itu cara berjalanya tidak ada yang sama karena semua pasukan mempunyai ciri khasnya masing-masing, mari simak di bawah ini, tapi sebelumnya anda juga harus tau papan catur yang berwarna hitam-putih mempunyai 64 kotak/area.. Bagi pemula mari simak cara berjalan catur di bawah ini.




RAJA 

Raja adalah nyawa dalam permainan catur ini, bila raja dalam permainan catur ini tidak bisa jalan (terjebak skak) maka berakhirlah permainan catur ini, dan apabila raja terjebak pemain musuh TETAPI tidak skak, maka draw/imbang lah permainan catur ini. Cara jalan Raja adalah 1 langkah saja baik kedepan, belakang, ataupun ke samping baik kanan maupun kiri









RATU 
Adalah pasukan terpenting setelah raja, karena Ratu adalah jantung pertahanan untuk mempertahankan Raja dari serangan musuh. Cara jalan Ratu ini sangatlah lugas/panjang/menyeluruh seperti jalanya spion, kuncung, benteng, dan raja, tetapi Ratu ini tidak dapat jalan seperti kuda.




KUNCUNG 
Kuncung adalah pasukan sebelah Raja dan Ratu yang menjaga Raja dari serangan pasukan musuh. Kuncung dapat jalan dengan cepat ke arah miring dan pada jalur tertentu saja, contoh seperti kuncung putih hanya bisa berlajan miring pada jalur putih saja, dan jika kuncung hitam maka hanya bisa berjalan pada jalur hitam saja.





KUDA
Kuda adalah pasukan pertahanan dan serangan dengan urutan ke 2 setelah Kuncung, kuda juga sebagai sumber strategi serangan terbaik karena cara jalan kuda yaitu dengan membentuk huruf L (maju 2 langkah ke depan/samping baik kanan atau kiri/mudur lalu 1 langkah ke kanan/kiri)





BENTENG

Benteng adalah pasukan catur paling berbahaya/berguna sekali, karena benteng dapat melindungi Ratu dan Raja dari serangan musuh. Cara jalan benteng yaitu dengan melangkahkanya ke kanan/depan/kiri/belakang lurus secara bebas (sampai pol juga bisa).





PION
pion adalah pasukan catur paling lemah daripada yang lain, dan pasukan pion ada 8 banyaknya. pion di nyatakan pasukan terlemah karena hanya dapat berjalan ke depan 1 kali, bahkan bisa 2 kali tetapi saat pertama jalan saja. Cara menyerang/makan pasukan lain adalah dengan miring ke depan saat ada pasukan musuh di depan sebelah kanan/kiri pasukan kita. TETAPI pion akan menjadi pasukan paling berbahaya jika sudah berada pada kotak/arena terdepan dan akan berubah menjadi ratu, kuncung, kuda, dan benteng sesuai kehendak pemain.

Itu hanya sekian cara berjalan catur saja, tunggu saja postingan selanjutnya tentang hal menarik lainya, baik seputar catur, otomotif, maupun olahraga.. SALAM ANAK SMK (BISA-BISA JAYA)

14 komentar:

Cara bermain gitar petikan "Surat Cinta Untuk Starla"

Assalamu'alaikum WR.WB Kali ini saya akan membuat blog mengenai petikan lagu yang sedang populer bulan-bulan ini yaitu surat cinta untu...